Unik & Mengesankan, Berikut Tanaman Pemakan Serangga yang Harus Anda Ketahui

tanaman pemakan serangga

Jika Anda suka tanaman hias, Anda perlu coba merawat tanaman pemakan serangga. Selain tampilannya yang indah, tanaman-tanaman ini juga bersifat karnivora. Pasalnya, mereka dapat memerangkap serangga sebagai santapannya.

Macam-macam Tanaman Pemakan Serangga Paling Populer

Mungkin, Anda akan merasa agak aneh saat pertama kali mencoba untuk merawat tumbuhan pemakan serangga. Tetapi, perawatannya mirip dengan tanaman hias pada umumnya. Berikut beberapa contoh tumbuhan pemakan serangga:

Tanaman Perangkap Lalat Venus

Tanaman berukuran kecil ini sangat mematikan bagi para serangga yang hinggap di atasnya. Dalam mulutnya, tanaman ini punya bantalan merah terang. Tanaman ini bahkan agak mirip gigi ikan predator.

Serangga yang sudah termakan tanaman ini tidak akan bisa bergerak. Tanaman ini memikat dengan warnanya yang indah dan nektarnya yang harum. Selain itu, tanaman ini memiliki rambut sensorik yang berfungsi mendeteksi pergerakan serangga.

Kendi Terompet

Dalam artikel tanaman rumah ini, kami juga akan menjelaskan tanaman kendi terompet sebagai pemakan serangga. Tanaman ini langsung menancap di tanah, tidak tumbuh bercabang. Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga setinggi 90 cm.

Waranya cantik & menakjubkan seperti kuning cerah, ungu, dan merah menyala. Selain suka dengan sinar matahari, tanaman ini juga suka tanah basah. Jadi, Anda harus sering-sering menyiramnya.

Kantong Semar

Apakah kantong semar termasuk tumbuhan langka? Bisa jadi, ini adalah tumbuhan pemakan serangga paling terkenal Beberapa ciri tanaman ini adalah memiliki akar tunggang, batang kayu yang tidak bercabang, dan daun tunggal berwarna hijau kemerahan.

Cobra Lily

Tumbuhan pemakan serangga ini punya kantong mirip kantong semar. Saat serangga terperangkap dalam cairan tumbuhan, mikroorganisme dan bakteri menyerap nutrisinya.

Bentuknya sangat indah sehingga cocok dijadikan tanaman hias. Bahkan, Anda dapat melihat pantulan di dalamnya ketika cahaya menyinari kantongnya. Anda bisa melihat gambarnya di artikel tanaman rumah ini.

Butterwort

Tumbuan perangkap kertas lalat ini punya warna dominan magenta & biru yang indah. Bentuknya mirip bunga sehingga begitu menarik hati. Tetapi, jangan menyentuh bunganya karena sangat lengket.

Drosera

Drosera atau sundew atau embun matahari ini mempunyai tubuh seperti tentakel dengan cairan lengket. Selain itu, ada juga rambut merah berlapis cairan kental dengan aroma khas untuk menarik serangga.

Jika serangga hinggap, mereka tak akan dapat melepaskan diri lagi. Bahkan, cairan perekatnya bisa dibilang yang terkuat di dunia. Secara perlahan, tumbuhan ini kemudian akan mencerna zat-zat dari serangga tersebut.

Kincir Air

Tumbuhan ini hidup mengapung di atas permukaan air. Batangnya berisi udara dan memiliki ujung berlubang untuk menjebak serangga.

Tanaman pemakan serangga ini tidak berbahaya bagi manusia. Jadi, Anda bisa merawatnya di rumah sebagai tanaman hias sekaligus mengatasi serangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *